Peraturan Lari

Menoreh Trail Marathon 2021 Powered by Pegadaian

1. Menoreh Trail Run Marathon 2021 Powered by Pegadaian (MTM21) adalah kegiatan lomba lari lintas alam dan charity diselenggarakan oleh Yayasan Longrunrangers Peduli Negeri dan didukung penuh oleh PT. Pegadaian (Persero).

2. Penyelenggara, peserta, tim official, sponsor, dan masyarakat yang terlibat, bekerja sama dan berkontribusi untuk mensukseskan kegiatan MTM21

3. MTM21 juga merupakan kegiatan charity. Semua peserta berkewajiban untuk turut menggalang dana (fund raiser) untuk target donasi yang ditetapkan oleh penyelenggara. Untuk hal ini penyelenggara akan berkerjasama dengan media platform yang dianggap kompeten.

4. Donasi yang terkumpul dapat dipantau secara live oleh seluruh peserta dan masyarakat.

5. Terdapat 3 kegiatan pada MTM21, yaitu Offline dan Virtual

6. Peserta MTM21 Offline dibagi dalam 8 kategori, yaitu : 5K Putra, 5K Putri, 10K Putra, 10K Putri, 21K Putra, 21K Putri, 42K Putra, dan 42K Putri. Sedangkan MTM21 Virtual diselenggarakan untuk 1 kategori saja, yaitu 21K

7. Kegiatan MTM21 hanya diikuti oleh peserta WNI (Warga Negara Indonesia).

8. Pelari tidak dibedakan kategorinya berdasarkan umum atau TNI/POLRI, dan juga tidak dibedakan umurnya.

9. Semua peserta diasuransikan dalam asuransi kecelakaan dan kematian, yang besar pertanggungannya ditentukan oleh penyelenggara

10. Penyelenggaran sepenuhnya berwenang dalam menentukan jumlah, nominal dan bentuk hadiah untuk para pemenang lomba / podium.

11. Pendaftar peserta wajib memenuhi syarat kualifikasi yang sudah ditentukan. Kualifikasi akan dilaksanakan dengan ketat dan tegas. Penyelenggara berhak membatalkan peserta pelari yang tidak memenuhi kualifikasi. Untuk hal ini penyelenggara dapat mengembalikan uang pendaftaran yang sudah diterima.

12. Segala informasi yang ditampilkan pada peraturan ini, di akun instragram @menorehtrailmarathon dan di website official, adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan menjadi peraturan dan informasi resmi dari penyelenggara.

13. Apabila terdapat perubahan informasi atau peraturan, maka informasi atau peraturan yang disampaikan paling akhir di akun instagram-lah yang berlaku. Maka dari itu penyelenggara sangat menganjurkan seluruh peserta pelari memfollow akun instagram tersebut.

14. Penyelenggara bekerja sama dengan fasilitas kesehatan dan rumah sakit rujukan untuk melakukan tindakan lanjutkan apabila diperlukan. Daftar fasilitas kesehatan dan rumah sakit rujukan akan diinformasikan lebih lanjut.

15. Rekruitmen tim official akan diinformasikan lebih lanjut melalui akun Instagram. Penyelenggara berhak untuk tidak menerima permintaan sebagai tim official, untuk hal ini penyelenggara tidak berkewajiban untuk menjelaskan alasan dan pertimbangannya.

16. Pengambilan race pack (RPC) untuk peserta Offline akan dilakukan di Gade Village, Borobudur, Magelang, pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021, pukul 10.00 sampai 20:00 wib.

17. Racepack dan finisher untuk peserta Virtual akan dikirimkan ke alamat peserta sesuai data yang di daftarkan selambat-lambatnya tanggal 10 Oktober 2021.

18. Mekanisme dan syarat pengambilan RPC akan diinformasikan di akun instagram

19. Penyelenggara tidak melayani pengambilan RPC diluar jadwal tersebuKepesertaan tidak dapat dipindahtangankan dengan alasan apapun.

20. Peserta yang karena sesuatu sebab tidak hadir pada kegiatan lari Offline atau Did Not Start (DNF) maka secara otomatis akan dimigrasi menjadi peserta Virtual dengan kategori yang sama dengan yang didaftarkan

21. Peserta Offline wajib menandatangani Surat Pernyataan Pelepasan atas Tuntutan (waiver) sebelum pengambilan RPC. Atas kejadian kecelakaan, perawatan kesehatan, sampai dengan kematian, penyelenggara bertangggung jawab sebatas pada klaim yang sudah dilimpahkan kewajibannya pada perusahaan asuransi yang ditentukan.

22. Fasilitas peserta berupa jacket dan jersey finisher ukuran / size nya akan diserahkan sesuai dengan permintaan pada saat pendaftaran, dan tidak dapat ditukar atau ganti ukuran

23. Demi keamanan dan kenyamanan peserta pelari dan penyelenggara, maka seluruh peserta wajib memenuhi mandatory gear. Mandatory Gear akan diinformasikan melalui akun Instagram.

24. Pengecekan mandatory gear akan dilakukan secara ketat dan tegas. Penyelenggara berhak menolak peserta pelari yang tidak memenuhi mandatory gear, untuk hal ini penyelenggara tidak berkewajiban memberikan penggantian dalam bentuk apapun

25. Penyelenggara menyediakan booth untuk penitipan barang bawaan (deposit bag), dengan prosedur yang sudah ditentukan oleh penyelenggara dan akan diinformasikan di akun instagram

26. Peserta diijinkan memakai kaos olahraga, yaitu kaos komunitas atau pribadi selama tidak memuat tulisan atau gambar yang bersifat politik, SARA dan pornografi.

27. Semua peserta pelari wajib memasang / memakai nomor dada / bib di dada. Peserta yang tidak memakai nomor dada dinyatakan diskualifikasi.

28. Peserta masing-masing kategori harus sudah memposisikan diri di garis start selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal start.

29. Peserta yang terlambat start 10 menit tidak diijinkan start dan akan diskualifikasi pada kegiatan Offline dan secara otomatis dimigrasikan ke peserta Virtual

30. Penyelenggara menempatkan marshal di sepanjang rute sesuai dengan kebijakan penyelenggara. Penyelenggara berusaha maksimal untuk mewujudkan MTM yang aman dan nyaman.

31. Peserta wajib mengikuti rambu / tanda yang dipasang di sepanjang rute, mengikuti petunjuk marshal, dan tidak diijinkan untuk memotong rute atau menaiki kendaraan apapun selama perlombaan.

32. Rute yang akan dilalui adalah road, semi trail dan trail, yang akan melalui jalan aspal, tanjakan, turunan, jalan raya, jalan sempit, jalan tanah, jalan becek, jalan batu susun, pematang sawah, dan jembatan. Utamakan keselamatan!.

33. Profil rute masing-masing kategori akan diinformasikan di akun instagram

34. Jumlah dan titik penempatan water station, meal station, fisio terapis, pelayanan medis, dan ambulance, akan diinformasikan di akun instagram

35. Peserta diwajibkan membuang sampah WS pada tempat yang sudah disediakan. Peserta yang membuang sampah selain di tempat sampah akan didiskualifikasi.

36. Pada kondisi berlari, pelari dengan kecepatan lebih rendah berada di sisi kiri jalan, sedangkan posisi kanan jalan adalah untuk mendahului dan pelari dengan kecepatan lebih tinggi.

37. Seluruh tim official yang bertugas dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan dasar pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Apabila memerlukan tindakan lebih lanjut maka akan diserahkan ke tim lain yang berkompeten (dokter, paramedic atau fisioterapis)

38. Peserta pelari yang mengalami cidera atau kecelakaan dan tidak memungkinkan melanjutkan perlombaan dapat menghubungi marshal untuk mendapatkan pertolongan dan atau evakuasi.

39. Mempertimbangkan kondisi peserta pelari dan ketercukupan waktu menuju finish, penyelenggara ataupun tim official berhak untuk menyarankan atau memaksa peserta pelari untuk Did Not Finish (DNF)

40. Seluruh peserta akan mendapatkan tanda pada semua pos COP yang dilewati. Untuk menghindari terlewatkannya penandaan, maka peserta diharapkan untuk meminta tanda di semua pos COP.

41. Penyelenggara menerapkan system Cut Off Point (COP). Lokasi dan jam nya akan diinformasikan di akun Instagram

42. Penyelenggara akan memberikan tanda pada bib apabila peserta dinyatakan Did Not Finish (DNF) atau terkena COP.

43. Peserta yang finish urutan 1 sampai 10 pada masing-masing kategori akan dilakukan pencatatan waktu secara manual.

44. Medali dan jersey finisher hanya akan diberikan kepada peserta pelari yang berhasil finish sebelum COT.

45. Penyelenggara akan melakukan penandaan di pos penyerahan medali, jersey finisher dan refreshment untuk memastikan peserta pelari yang finish sudah mendapatkan haknya.

46. Semua peserta mendapatkan kesempatan untuk mengikuti undian doorprize. Adapun kupon doorprize sudah dimasukkan penyelenggara ke dalam box undian. Nomor undian peserta pelari adalah sama dengan nomor BIB.

47. Peserta dapat memanfaatkan stanbooth yang tersedia di dalam venue sesuai dengan kebutuhan. Daftar stanbooth akan diinformasikan lebih lanjut

48. Peserta dapat meninggalkan area venue setelah selesai berlari / finish.

49. MTM21 diselenggarakan dalam masa pandemic covid-19. Penyelenggara akan menerapkan protocol kesehatan ketat yang sudah disimulasikan, disaksikan dan disetujui oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 berwenang.

50. Informasi lengkap tentang protocol kesehatan akan diinformasikan lebih lanjut melalui website dan akun Instagram.

51. Dengan mendaftarkan diri dalam MTM, seluruh peserta menyatakan diri sudah membaca, memahami dan menyetujui seluruh peraturan yang ditetapkan

52. Peraturan, ketentuan atau informasi mengikat lainnya yang belum tercantum dalam peraturan umum ini akan ditetapkan dikemudian hari dan diinformasikan kepada seluruh peserta.